-->
Purchase Structured Settlements Mesothelioma Lawyers San Diego Secured Loan Calculator Structured Settlement Investments Endowment Selling Mesothelioma Patients Mesothelioma attorney san diego Austin Texas dwi lawyers New York Mesothelioma Lawyers Phoenix dui lawyers Secured Loans Insurance Auto Phoenix dui attorney car free insurance online quote students debt consolidation loans Pennsylvania mesothelioma lawyers data recovery Denver adverse credit remortgages bad credit remortgages data recovery service los angeles Consolidating Students Loan Students Loan Consolidation Rates Boston dui lawyers memphis car insurance conference calling companies dui attornes los angeles georgia car accident lawyers san diego dui defense Phoenix arizona dui lawyers Los angeles dwi attorneys Student Consolidation Loans free quote for car insurance irs tax lawyers nj auto insurance dui san diego Los Angeles Criminal Defense Attorney Consolidating Private Student Loans Personal Injury Lawyer Chicago Personal Injury Attorney Pennsylvania Auto Insurance Lemon Law California Students loan consolidation interest rates Los Angeles Criminal Attorney Arizona dui Attorney – Consolidation Student Loan Structured Settlement Buyers Culinary Schools California Student Consolidation Loan Instant Car Insurance Quote Iva debt help UK home owner loan endowment policy sales sell structured Insurance settlements College Loan Consolidation dui attorney sacramento car insurance quotes Philadelphia personal injury lawyers Remortgaging irs tax attorney Consolidation Student Loan buyer Structured Settlement california mesotheloma attorney home mortgages for bad credit selling structured settlements phoenix dui lawyers sell structured settlement payments Donate your car Student loan consolidation Consolidate School Loans Injury Lawyers 4 You homeowner consolidation loans Colorado Truck Accident Lawyers Mesothelioma doctor School Loan Consolidation dui attorney San Francisco ny car insurance Mortgage refinance new jersey Structured settlement payments Car Insurance Texas Virginia Car accidents Lawyers Raid Data Recovery Services College loan consolidation compare car insurance rates Break down covers Remortgages Loan Austin Criminal Attorney Car Insurance Quotes online Structured Settlement Consumer Info Arizona dui lawyers eloan mortgage Consolidation of Student Loan Student Loan Consolidation Calculator Injury Lawyers 4 You Managed Hosting Services Bad Credit Home Equity Los Angeles Criminal Attorneys Home improvement loan rates auto insurance in Michigan dwi fort worth Structured Settlement Companies

Cemas dan Takut Karena Corona? Inilah 5 Cara Atasi Stres di Tengah Ancaman Virus Corona

Loading...
Loading...

Cemas dan Takut Karena Corona? Inilah 5 Cara Atasi Stres di Tengah Ancaman Virus Corona

Cemas dan Takut Karena Corona? Inilah 5 Cara Atasi Stres di Tengah Ancaman Virus Corona
Cemas dan Takut Karena Corona? Inilah 5 Cara Atasi Stres di Tengah Ancaman Virus Corona

Banyak orang menjadi stres akibat mendengar kabar terkait pandemi virus corona yang telah mewabah ke banyak negara, termasuk Indonesia.

Informasi berubah secara cepat dan dapat membingungkan, bahkan menakutkan.

Kita mungkin mengalami ketakutan dan kecemasan.

Meski kita bisa mengelola tingkat kecemasan dengan baik, masih banyak yang harus dihadapi.

Entah itu terkait anggota keluarga yang berisiko, ekonomi yang anjlok, berjuang dengan pekerjaan, menjaga anak-anak saat sekolah dipindahkan ke rumah, atau menyesuaikan diri dengan situasi baru, stres mudah menumpuk dan berdampak negatif.


Psikolog klinis Amy Sullivan, PsyD, ABPP, menekankan pentingnya merencanakan kegiatan coping.

Coping adalah cara seseorang mengatasi situasi atau masalah yang dialami baik sebagai ancaman atau tantangan yang menyakitkan.

"Mari kita menjadi inovatif. Ini adalah masa di mana kita benar-benar bisa kreatif dan menghasilkan keterampilan coping yang positif."

Berikut lima langkah mengelola stres yang bisa kamu coba lakukan:

1. Olahraga teratur atau mendaki gunung


Di saat gym tutup dan social distancing berlaku, kita masih bisa melakukan latihan aerobik seperti berjalan, berlari, mendaki gunung atau bermain dengan anak dan hewan peliharaan kita.

Semua itu membantu melepaskan endorfin zat alami yang membantu kita merasa lebih baik dan memertahankan sikap positif.

Sullivan merekomendasikan yoga dan stretching sebagai salah satu cara melatih tubuh kita dan menenangkan pikiran, dan itu mudah dilakukan.

2. Pola makan sehat


Stres dapat memengaruhi kebiasaan makan dan metabolisme kita.

Cara terbaik memerangi stres atau emotional eating adalah waspada terhadap apa yang memicu stres makan dan siap melawan keinginan tersebut.

"Jika kita cenderung makan emosional, ketahui pemicunya, apa yang membuat kita stres dan bersiaplah," kata Dr. Sullivan.

Mempunyai camilan sehat akan membantu menyehatkan tubuh, memberikan nutrisi agar lebih baik mengatasi stres.

"Membantu mengatur gula darah sepanjang hari akan membuat tubuh kita stabil dan emosi yang jauh lebih baik," kata Dr. Sullivan.

3. Abaikan sejenak informasi tentang virus corona


"Sebagai manusia kita ingin mengendalikan hidup kita dan dalam situasi ini, kita harus belajar mengelola kurangnya kontrol," kata Dr. Sullivan.

Walau penting untuk mendapat informasi tentang berita dan perkembangan terbaru terkait virus, sifat berita yang terus berkembang bisa menjadi luar biasa.

Temukan keseimbangan paparan berita yang cocok untuk kita.

Ini penting bagi anak-anak kita.

Kita perlu membatasi ekspos media ke anak-anak dan memberikan informasi yang sesuai usia mereka.

Jika memungkinkan, tinggalkan berita dan bermain dengan teka-teki, permainan papan, perburuan harta karun, mengatur ulang sesuatu, atau membaca buku baru yang tidak terkait dengan topik virus corona.

4. Tetap berkomunikasi dengan orang lain


"Saya tidak bisa menekankan betapa pentingnya koneksi selama masa ketidakpastian dan ketakutan," kata Dr. Sullivan.

"Ketakutan dan isolasi dapat menyebabkan depresi dan kecemasan. Kita perlu membuat titik untuk terhubung dengan orang lain secara teratur." ujarnya.

Hubungi anggota keluarga, teman, dan kolega secara teratur melalui telepon, teks, FaceTime, atau platform virtual lainnya.

Pastikan kita mengecek situasi orang-orang yang sendirian, di samping orangtua, kakek, nenek, dan anak-anak kita.

5. Beristirahat


Lingkungan berita yang terus berubah dapat menciptakan stres yang semakin besar ketika kita tidak cukup tidur.

Sangat penting mendapatkan jumlah tidur berkualitas, untuk membantu kita tetap fokus pada pekerjaan dan mengelola stres yang dapat ditimbulkan oleh wabah saat ini.

Sullivan merekomendasikan menghindari stimulan seperti alkohol, kafein, dan nikotin sebelum tidur.

Jika kita masih terlalu kesulitan untuk tidur, pertimbangkan rutinitas sebelum tidur seperti mengonsumsi secangkir teh herbal bebas kafein.

Merencanakan hari esok lebih awal juga dapat membantu mengurangi stres terkait apa yang akan terjadi.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul 5 Cara Atasi Stres di Tengah Ancaman Virus Corona
Loading...
Loading...

Related Posts

Subscribe Our Newsletter